Tenaga Terbesar di Kelasnya, Honda Mobilio Bisa Tetap Irit

Tenaga Terbesar di Kelasnya, Honda Mobilio Bisa Tetap IritTenaga Terbesar di Kelasnya, Honda Mobilio Bisa Tetap Irit

Beberapa waktu lalu Otosia sempat ikut serta dalam lomba irit Mobilio yang diadakan PT Honda Prospect Motor (HPM). Menempuh perjalanan sejauh 65 kilometer dengan kondisi jalan yang beragam, mulai dari macet, menanjak dan penuh tikungan, secara mengejutkan Mobilio mampu menunjukkan efisiensi bahan bakar yang baik.

Angka yang kami dapatkan yaitu 19,7 kilometer per liter. Dapat dikatakan dengan kondisi jalan di atas, penggunaan bahan bakarnya terbilang irit. Bahkan peserta lainnya yang datang dari komunitas berhasil menyentuh angka 22,7 kilometer per liter. Meskipun, memang kondisi kendaraan kami berbeda, di mana komunitas tersebut tak menyalakan pendingin kabin.

Lantas, apa yang membuat Mobilio mampu mempertahankan efisiensi bahan bakar? Padahal mesin i-VTEC berkapasitas 1,5L miliknya memiliki keluaran tenaga yang paling besar di kelasnya, yaitu 116 hp.

Menurut HPM, mesin dengan keluaran tenaga besar ini tidak menjadi sesuatu yang kontradiktif dengan efisiensi bahan bakar. Justru tenaga yang besar dapat membantu performa mobil menjadi lebih ringan menghadapi kondisi jalan apapun. Artinya Mobilio tidak perlu mengeluarkan bahan bakar lebih banyak agar bisa bergerak. Hal itu dikarenakan adanya dorongan tenaga yang besar.

Di samping itu, penggunaan jenis transmisi otomatis CVT (continuously variable transmission) mengizinkan Mobilio untuk menghasilkan perpindahan gigi yang halus. Tanpa adanya jeda atau yang biasa disebut lag, tenaga yang disalurkan dari mesin ke roda tidak ada yang terbuang.

“Karena juga pakai CVT. CVT Honda itu menghasilkan perpindahan transmisi lebih halus, jadi bahan bakarnya lebih irit,” jelas orang dalam HPM yang dihubungi Otosia.

SUMBERĀ  : otosia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *